Monday 25 February 2008

Adab-Adab Memasuki Kota Suci

Doa Memasuki Kota Mekkah

Allâhumma innaka qulta fi kitâbika waqawlukal haq, wa adzdzin fin nâsi bilhajji ya’tûka rijâlan wa ’alâ kulli dhâmirin ya’tîna min kulli fajjin ‘amîq. Allâhumma innî arjû an akûna miman ajâba da’wataka, wa qad ji’tu min syuqqatin ba’îdatin wa fajjin ‘amîq, sâmi’an linidâika wa mustajîban laka, muthî’an liamrika, wakullu dzâlika bifadhlika ‘alayya wa ihsânika ilayya, falakal hamdu ‘alâ mâ waffaqtanî lahu, abtaghî bidzâlikaz zulfatan `indaka, wal qurbata ilayka, wal manzilata ladayka, wal maghfirata lidzunûbî wat tawbata ‘alayya minhâ bimannika. Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, wa harrim badanî ‘alan nâr, wa aminnî min ‘adzâbika wa ’iqâbika birahmatika yâ Arhamar râhimîn.

Ya Allah, Engkau berfirman dalam kitab-Mu, dan firman-Mu benar: “Berserulah kepada manusia untuk melaksanakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarahi onta yang kurus yang datang dari segala penjuru yang jauh” (Al-Hajj: 27). Ya Allah, aku berharap agar aku tergolong kepada orang yang memenuhi seruan-Mu.
Kini aku datang dari tempat yang jauh untuk memenuhi seruan-Mu,
memperhatikan seruan-Mu, dan mentaati perintah-Mu.
Semua itu hanya karena anugerah dan kebaikan-Mu padaku.
Segala puji hanya milik-Mu
yang menganugerahkan padaku kesempatan untuk
mendekatkan diri dan bertaqarrub kepada-Mu,
yang memberi kedudukan yang mulia di sisi-Mu,
yang mengampuni dosa-dosaku
yang membuka pintu taubat bagiku dengan karunia-Mu.
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, selamatkan tubuhku dari api neraka, selamatkan aku dari siksa-Mu dengan rahmat-Mu ya Armar Rahimin, wahai Yang Paling Pengasih dari segala yang mengasihi.


Doa ketika berdiri di Pintu Masjidil Haram
Usahakan setiap akan memasuki Masjidil Haram, berdiri sejenak di pintunya untuk membaca doa berikut:

Assalâmu’alayka ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullâhi wa barakâtuh. Bismillâhi wa billâhi wa mâsyâallâh. Assalâmu ‘alâ anbiyâillâhi wa rusulih. Assalâmu ‘alâ rasûlillâh. Assalâmu ‘alâ Ibrahîma khalîlillâh. Wal hamdulillâhi Rabbil ‘âlamîn.

Salam atasmu wahai Nabi Allah, semoga rahmat dan keberkahan Allah senantiasa tercurahkan padamu. Dengan nama Allah, dengan Allah, dan dengan apa yang dihendaki oleh Allah. Salam atas semua Nabi dan Rasul Allah. Salam atas Rasulullah. Salam atas Nabi Ibrahim Khalilullah. Segala puji bagi Allah Tuhan alam semesta.

Kalau memungkinkan baca juga doa berikut:

Bismillâhi wa billâhi wa minallâhi wa ilallâhi wa mâ syâallâhu wa ’alâ millati Rasûlillâhi shallallâhu ‘alayhi wa âlih, wa khayrul asmâi lillâh, walhamdulillâhi wassalâmu ‘alâ Rasulillâh. Assalâmu ‘alâ Muhammadibni ‘Abdillâh. Assalâmu ‘alayka ayyuhan Nibiyyu wa rahmatullâhi wa barakâtuh. Assalâmu ‘alâ Anbiyâillâhi wa Rusulih. Assalâmu ‘alâ Khalîlillâhir Rahmân. Assalâmu ‘alal mursalîn walhamdulillâhi Rabbil ‘âlamîn. Assalâmu ‘alaynâ wa ’alâ ‘ibâdillahish shâlihîn.

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, wa bârik ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, warham Muhammadan w âla Mu-hammadin kamâ shallayta wa bârakta wa tarahhamta ‘alâ Ibrahima wa ’alâ Ibrahîma innaka Hamîdum Majîd. Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, ‘abdika wa rasûlika. Allâhumma shalli ‘alâ Ibrahîma khalîlika wa ’alâ anbiyâika wa rusulika wa sallim ‘alayhim, wa salâmun ‘alal mursalîna walhamdulillâhi Rabbil ‘âlamîn.

Allâhummaftahlî abwâba rahmatik(a), wasta’milnî fî thâ’atika wa mardhâtik(a), wahfazhnî bihifzhil imâni abadan ma abqaytanî jalla tsanâu wajhik(a). Alhamdulillâhil ladzî ja’alanî min wafdihi wa zuwârihi, waj a’alanî miman ya’muru masâjidah(u), wa ja’alanî miman yunâjîh(i). Allâhumma innî ‘abduka wa zâiruka fî baytika, wa ’alâ kulli ma’tiyyin haqqun liman atâhu wa zârahu, wa Anta Khayru ma’tiyyin wa Akramu mazur, fa-as-aluka yâ Allâhu yâ Rahmânu biannaka Antallâhu lâilâha illâ Anta wahdaka lâ syarika laka biannaka Wâhidun Ahadun, Shamadun lam talid walam tûlad walam yakun laka kufuwan ahad. Wa anna Muhammadan ‘abduka wa Rasûluka shallallâhu ‘alayhi wa ’alâ ahli baytihi yâ Jawâdu yâ Karimu yâ Mâjidu yâ Jabbâru yâ Karîm, as-aluka an taj’ala tuhfataka iyyaya biziyârati iyyaka awwala syay-in tu’thinî fakaka raqabatî minan nâr.

Dengan nama Allah, dengan Allah, pada Allah, pada agama Rasulullah saw, sebaik-baik nama Allah, segala puji bagi Allah.
Salam atas Rasulullah.
Salam atas Muhammad bin Abdillah.
Salam atasmu wahai Nabi Allah semoga rahmat dan keberkahan Allah senantiasa tercurahkan padamu.
Salam atas semua Nabi dan Rasul Allah.
Salam atas Nabi Ibrahim pilihan Allah Yang Maha Pengasih.
Salam atas para Rasul,
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin.
Salam atas kami dan seluruh hamba Allah yang saleh.

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, berkahi Muhammad dan keluarga Muhammad, rahmati Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Kau sampaikan shalawat dan keberkahan serta rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Pemurah.

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, hamba-Mu dan rasul-Mu. Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Ibrahim pilihan-Mu dan kepada para Nabi dan Rasul-Mu, wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Ya Allah, bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu,
jadikan amalku dalam ketaatan dan ridha-Mu,
peliharalah aku dalam hidupku dengan pemeliharaan iman,
Maha Agung pujian keagungan-Mu.
Segala puji bagi Allah yang menjadikan aku tergolong pada
para tamu dan peziarah-Nya,
yang memakmurkan masjid-masjid-Nya,
yang bermunajat kepada-Nya.

Ya Allah, aku hamba-Mu, peziarah rumah-Mu dan setiap tempat yang layak didatangi dan dikunjungi,
Engkaulah sebaik-baik tempat yang dikunjung dan diziarahi.
Aku bermohon pada-Mu ya Allah, ya Rahman, dengan keyakinan bahwa Engkau adalah Allah, Tiada Tuhan kecuali Engkau Yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Mu, Engkau Yang Maha Esa dan Maha Tunggal, tempat berlindung, tidak beranak dan diperanakkan, dan tiada seorangpun tandingan bagi-Mu, dan bahwa Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu (semoga shalawat senantiasa tercurahkan kepadanya dan keluarganya).
Wahai Yang Maha Derwaman, wahai Yang Maha Mulia,
Wahai Yang Memberi wujud, wahai Yang Maha Perkasa
Wahai Yang Maha Mulia
Dengan kunjunganku pada-Mu ini, aku memohon pada-Mu
karunia yang menyelamatkan aku dari api neraka sebagai permulaan
karunia-Mu padaku.

Kemudian membaca doa berikut (3 kali):

Allâhumma fukka raqabatî minan nâr.
Ya Allah, selamatkan aku dari api neraka.

Kemudian membaca doa berikut:

Wa awsi’ ‘alayya min rizqikal halâlith thayyibi, wadra’ ‘annî syarra syayâthînal jinni wal insi, wa syarra fasaqatil ‘arabi wal’ajami.

Luaskan bagiku rizki-Mu yang halal dan baik, hindarkan dariku keburukan setan dari golongan jin dan manusia, dan keburukan orang-orang Arab dan selain Arab yang fasik.

Kemudian memasuki Masjidil Haram sambil membaca doa:

Bismillâhi wa billâhi wa ‘alâ millati Rasûlillâhi shallallâhu ‘alayhi wa âlihi.
Dengan nama Allah, dengan Allah, dan pada agama Rasulullah saw.

Doa saat berada di dalam Masjidil Haram
Ketika berada di dalam Masjidil haram, hendaknya menghadap ke Ka’bah dan berdoa:

Allâhumma innî as-aluka fî maqâmî hâdzâ, wa fî awwali manâsikî an taqbala tawbatî, wa an tatajâwaza ‘an khatîathî, wa an tadha’a ‘annî wizrî. Alhamdulillâhil ladzî ballaghanî baytahul harâm. Allâhumma innî asyhadu anna hâdzâ baytukal harâm alladzî ja’altahu matsâbatan lin nâsi wa amnâ(n), mubârakan/w wa hudal lil-’âlamîn. Allâhumma innî ‘abduka, wal balada baladuka, wal bayta baytuka, ji’tu athlubu rahmataka wa aummu thâ’ataka, muthî’an liamrika râdhiyan biqadarik. As-aluka mas-alatal faqîri ilayka, alkhâifi li’uqûbatik. Allâhummaftahlî abwâba rahmatik, wasta’milnî bithâ’atika wa mardhâtik.

Ya Allah, aku memohon pada-Mu dalam keadaanku ini dan dari awal manasikku, terimalah taubatku, hapuskan kesalahanku, hilangkan bebanku. Segala puji bagi Allah yang telah menyampaikan aku ke rumah-Nya yang mulia. Ya Allah, aku bersaksi bahwa rumah-Mu yang mulia ini adalah tempat yang Kau jadikan perlindungan dan keamanan bagi seluruh manusia, tempat yang penuh berkah dan petunjuk bagi alam semesta. Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, negeri ini negeri-Mu, rumah ini rumah-Mu. Aku datang untuk mencari rahmat-Mu dan memenuhi perintah-Mu untuk mentaati perintah-Mu dan ridha pada takdir-Mu. Aku memohon pada-Mu permohonan orang yang butuh pada-Mu dan takut pada siksa-Mu. Ya Allah, bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu, dan jadikan amalku dalam ketaatan dan ridha-Mu.

Kemudian pandanglah Ka’bah sambil membaca doa.

Doa ketika memandang Ka’bah

Alhamdulillâhil ladzî ‘azhzhamaki wa syar-rafaki wa karramaki, waja’alaki matsâbatan linnâsi wa amnâ, mubarakan wa hudal lil’âlamîn.

Segala puji bagi Allah yang telah mengagungkanmu dan memuliakanmu, dan menjadikanmu sebagai tempat perlindungan dan keamanan bagi seluruh manusia, tempat yang penuh berkah dan petunjuk bagi alam semesta.

Disarikan dari kitab “Nubdzah min Asraril Hajj” dan “Mafâtihul Jinân”
Oleh: Syamsuri Rifai


Salam wa Rahmah
Syamsuri Rifai

No comments: