Monday 25 February 2008

Adab Ihram untuk Umroh

Doa ketika Mandi Ihram
Bismillâhi wa billâhi. Allâhummaj‘alhu lî nûran wa thahurâ(n), wa hirzan/w wa amnan min kulli khawfin, wa sifâan min kulli dâin wa suqmin. Allâhumma thahhirnî wa thahhir qalbî, wasyrah lî shadrî, wa ajri ‘alâ lisânî mahabbataka wa mad-hataka wats tsanâa ‘alayka fainnahu lâ quwwata lî illâ bika, wa qad ‘alimtu anna qiwâma dînî at taslîmu laka wal ittibâ‘u lisunnati nabiyyika shalawâtuka ‘alayhi wa âlihi.

Dengan nama Allah dan dengan Allah
Ya Allah, jadikan mandi ihram ini cahaya dan kesucian,
penjagaan dan keamanan dari setiap kekhawatiran, penawar dari setiap penyakit.
Ya Allah, sucikan aku, sucikan hatiku, lapangkan dadaku, alirkan pada lisanku kecintaan dan pujian pada-Mu. Aku tahu bahwa tonggak agamaku adalah kepasrahan kepada-Mu dan mengikuti sunnah Nabi-Mu saw.

Doa ketika Memakai Baju Ihram
Alhamdulillâhil ladzî razaqanî mâ uwârî bihi ‘awratî, wa uaddi fîhi fardhî, wa a’budu fîhi Rabbî, wantahi fîhi ilâ mâ amaranî. Alhamdulillâhil ladzî qashadtuhu faballaghanî, wa aradtuhu fa-a’ânî wa qabilanî, wa lam yaqtha’bî, wa wajhahu aradtu fasallamanî, fahuwa hishnî wakahfî wahirzî wazhahrî wa malâdzî wa rajâî wa manjâya wa dzuhrî wa’uddati fî syiddatî wa rakhâî.

Segala puji bagi Allah Yang telah memberikan karunia kepadaku
dengannya kututupi auratku,
kulaksanakan kewajibanku,
kusembah Tuhanku,
dan kulaksanakan apa yang diperintahkan padaku.
Segala puji bagi Allah
kepada-Nya aku menuju lalu Dia menyampaikan aku,
kepada-Nya aku berharap lalu Dia menolongku dan
menerimaku, dan tidak menjadikan aku putus asa,
kepada kemuliaan-Nya aku berkehendak lalu Dia
menyelamatkan aku.
Dialah Pelindungku dan Bentengku,
Pemeliharaku, Sandaranku, dan Harapanku,
Penyelamatku, dan Tumpuan harapanku dalam suka dan
duka.

Kemudian lakukan shalat Ihram dua rakaat,

Shalat Ihram
Shalat Ihram adalah shalat sunnah dua rakaat. Dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah swt, dan bertekad akan memperbanyak shalat sunnah yang sangat tinggi nilainya. Kemudian membaca doa sesudah shalat Ihram.

Doa sesudah Shalat Ihram
Allahumma inni as-aluka an taj‘alani mimmanis tajaba laka, wa amana biwa‘dika, wat taba‘a amraka, fainni ‘abduka wa fi qabdhatika la uwaqa illa ma waqayta, wa la akhudzu illa ma a‘thayta, wa qad dzakartal hajja fa-as-aluka an ta‘zima li ‘alayhi ‘ala kitabika wa sunnati nabiyyika shalawatuka ‘alayhi wa âlih(i), wa tuqawwiyani ‘ala ma dha‘uftu ‘anhu, wa tusallima minni manasiki fi yusrin/m minka wa ‘afiyah, waj‘alni min wafdikalladzi radhita wartadhayta wa sammayta wa katabta. Allahumma inni kharajtu min syuqqatin ba‘idatin, wa anfaqtu mali ibtighaa mardhatik(a). Allahumma fatammim li hajjati wa ‘umrati. Allahumma inni uridut tamattu‘a bil ‘umrati ilal hajji ‘ala kitabika wa sunnati nabiyyika shalawatuka ‘alayhi wa âlih(i). Fain ‘aradha li ‘aridhun yahbisuni fakhallini haytsu habastani biqadarikal ladzi qaddarta ‘alayya. Allahumma in/l takun hajjatan fa‘umratan uhrimu laka sya‘ri wa basyari wa lahmî wa damî wa ‘izhamî wa mukhkhî wa ‘ashabî minan nisâi wats tsiyabi wath thibi abtaghi bidzalika wajhaka wad daral akhirah.

Ya Allah, aku bermohon pada-Mu,
jadikan aku orang yang mengharap ijabah-Mu,
yang mempercayai janji-Mu
dan mengikui perintah-Mu. Sehingga,
aku menjadi hamba-Mu yang sebenarnya,
berada dalam lindungan-Mu.
Tidak ada yang melindungiku kecuali Engkau yang
melindungi,
Tidak akan ada yang diambil kecuali yang telah Kauberikan.
Kau perintahkan haji lalu aku bermohon kepada-Mu,
agar Kau kuatkan niatku untuk melakukannya
sesuai dengan kitab-Mu dan sunnah Nabi-Mu saw,
Kuatkan yang lemah dalam diriku,
Terimalah manasikku dalam kemudahan dan keselamatan dari-Mu,
Jadikan aku tamu-Mu yang Kau terima dan Kau ridhai,
yang kausebut dan Kaucatat.

Ya Allah, aku datang dari tempat yang jauh,
aku infakkan hartaku untuk memperoleh ridha-Mu.
Ya Allah, sempurnakan haji dan umrahku.
Ya Allah, aku bermaksud melakukan haji tamattu’ sebagaimana yang termaktub di dalam kitab-Mu dan sunnah Nabi-Mu saw.
Jika ada rintangan, maka bebaskan aku dengan takdir-Mu yang Kau tentukan padaku.
Ya Allah, hanya karena-Mu terjagalah aku
rambutku dan kulitku, dagingku, darahku, tulangku,
otakku dan pikiranku
dari perempuan, pakaian yang Kau larang dan wangi-wangian;
Semua itu kulakukan untuk mengharap ridha-Mu dan kampung akhirat.

Disarikan dari kitab “Nubdzah min Asraril Hajj” dan “Mafâtihul Jinân”


Salam wa Rahmah
Syamsuri Rifai

No comments: